Sepak Bola….Sepak Bola…Sepak Bola

Tidak ada yang yakin dimana sepak bola berasal. Orang-orang kuno Cina menulis sebuah tulisan bahwa permainan sepak bola sudah dimainkan di Cina sejak 300 M dan yang mana juga dimainkan oleh orang-orang kuno Greece, Mexico, Jepang. Sebagai contoh tentara-tentara Roma mengalahkan Britain dengan permainan sepak bola. Bola dilempar ke udara diantara dua tim pemain dan setiap tim harus mencoba mentransfer bola ke arah gawang lawan.

Orang-orang Inggris mungkin mempelajari permainan ini dari orang-orang Roma. Mereka bermain seperti permainan yang sudah mereka lakukan 100 tahun yang lalu dengan menggunakan bola yang terbuat dari perut binatang dan diisi dengan udara di dalamnya. Mereka menendang atau melempar dengan pundak ataupun kepala. Seluruh desa dan kota bertanding satu sama lain dengan 100 pemain terjun langsung dalam pertandingan.

Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja James I dari Scotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola. Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan Universitas dan sekolah maka dibuatlah sebuah peraturan. Ada sebuah legenda pada tahun 1823 yang mana kita ketahui Rugby School. Sebuah sekolah untuk anak laki-laki, mereka gemar sekali bermain bola dan pada suatu saat salah satu pemain sebut saja William Webb Ellis yang menangkap bola dan membawanya sambil berlari. Permainan ini akhirnya berhenti dan dia mamperoleh pinalti, tentu saja kita harus mematuhi peraturan. Setelah beberapa tahun kemudian peraturan berubah seiring berkembangnya sepak bola.

Sekarang sepak bola merupakan permainan terpopuler di dunia dan hampir di setiap negara memainkannya. Banyak pemain yang lebih suka permainan sepak bola dibanding dengan permainan lainnya. Permainan ini hanya untuk laki-laki tetapi ada beberapa club perempuan yang memainkannya, tetapi tidak seperti sepak bola Rugby ataupun sepak bola yang mana memiliki kemampuan untuk mengontrol bola daripada menahan kekuatan. Ini juga membutuhkan pemikiran yang cepat seperti ide yang simpel juga dibutuhkan dalam permainan ini yaitu untuk mendapatkan bola dari lawan. Peraturan ini sangat lengkap, Ditambah lagi sebuah tim yang memiliki anggota dan setiap tim harus selalu mengingat bahwa mereka merupakan satu tim yang memiliki satu tujuan yaitu mengalahkan. Bagimanapun juga mereka mungkin bersikap individual, sebelas pemain tidak akan memenangkan pertandingan jika tidak bermain layaknya sebuah tim./BeTa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *